Advertisemen
Menentukan Khabar. Secara umum khabar terletak setelah mubtada’. Hal ini sesuai dengan
fungsi khabar untuk menjelaskan makna dari mubtada’. Meski demikian, letak
khabar tidak selamanya tepat setelah mubtada’. Akan tetapi, terkadang antara
mubtada’ dan khabar dipisahkan oleh satu atau dua kata. Untuk mengetahu
khabarnya adalah adalah dengan memakai acuan bahwa khabar adalah penjelas dari
mubtada’ dan akan menjadi pasangan mubtada dalam membentuk jumlah mufida.
Sehingga, ketika khabar tidak disebutkan, maka tidak akan memunculkan makna
dari mubtada’
Contoh:
صوت البلبل جميل artinya Suara burung
bulbul itu indah.
جميل adalah khabar marfu’
dari mubtada dan tandanya adalah dhammah.
صوت البلبل adalah susunan idhafiyah
sedangkan kata صوت adalah mubtada’.
Pada kalimat di atas terlihat bahwa mubtada’ tidak terletak setelah
mubtada’. Akan tetapi, antara mubtada’ dan khabar terdapat satu kata yang
memisahkan keduanya. Hal ini untuk untuk menjadikan kalimat tersebut menjadi
kalimat sempurna.
Seandainya hanya dikatakan صوت البلبل
(Suara burung bulbul itu) dan tidak dilanjutkan dengan memberikan penjelas,
maka tidak akan terbentuk kalimat yang sempurna. Hal ini akan membuat orang
bertanya, ada apa dengan suara burung bulbul tersebut? Sehingga penambahan kata
جميل sebagai penjelas akan menjadikan kalimat
itu sempurna.
Selain bentuk seperti di atas, kita terkadang menemukan letak
khabar yang berada di depan mubtada’. Hal ini tidaklah salah, sebab terdapat
beberapa kondisi tertentu yang mengharuskan khabar mendahului mubtada’. Kondisi
yang dimaksud adalah sebagai berikut:
Apabila ingin menonjolkan makna khabar.
Contoh:
ممنوع التدخين artinya dilarang merokok
ممنوع :Khabar muqaddam marfu’
dengan dhammah.
التدخين : Mubtada’ muakhkhar
marfu’ dengan dhammah.
Pada kalimat di atas, kata “dilarang” ingin lebih ditonjolkan
dibandingkan merokok sehingga khabar bisa mendahului mubtada’.
Apabila mubtada dan khabar di dahului oleh istifham atau nafi dan
khabarnya berupa sifat.
Contoh:
أقائم أنت؟ artinya apakah kamu
berdiri?
أ adalah istifham mabni
dengan fathah.
قائم adalah khabar muqaddam
marfu dengan dhammah
أنت adalah mubtada’
muakhkhar marfu mabny dengan fathah.
Apabila khabar berupa syibhul jumlah dan mubtada’nya ma’rifah
Contoh:
أمام القاضى قائل الحق artinya dihadapan hakim
ada pembicara yang kebenaran.
أمام القاض adalah zharaf sebagai
khabar muqaddam.
قائل الحق adalah susunan mudhaf
dan قائل adalah mubtada’ muakhkhar.
Selain kondisi di atas, ada beberapa kondisi lain yang mengharuskan
khabar dimajukan. Hal ini terjadi apabila memenuhi kondisi seperti berikut:
Apabila khabar adalah syibhul jumlah dan mubtada’ adalah isim
nakirah tanpa idhafah dan tidak dishifati.
Contoh:
فى بيتنا رجل artinya di rumah kami
ada seorang lelaki.
فى بيتنا adalah susunan jar wa
majrur sedangkan بيتنا adalah susunan
idhafah dan berfungsi sebagai khabar muqaddam.
رجل adalah mubtada mukhkhar
marfu’ dengan dhammah.
Apabila khabar berupa lafadz yang harus didepan, misalnya berupa
istifham.
Contoh:
متى الإمتحان؟ artinya kapan ujian?
متى adalah khabar muqaddam
الإمتحان adalah mubtada’
muakhkhar marfu’ dengan dhammah.
Apabila mubtada’ bersambung dengan dhamir dan kembali kepada
sebagian khabar.
Contoh:
للسلام تبعاته artinya bagi keselamatan
ada konsekuensi-konsekuensinya.
للسلام adalah susunan jar wa
majrur dan berfungsi sebagai khabar muqaddam.
تبعات adalah mubtada’
muakhkhar marfu dengan dhammah dan dia adalah mudhaf.
dhomir ه (ha’) adalah mudhaf
ilaih majrur mabni dan ia kembali kepada khabar.
Contoh-contoh di atas memperlihatkan bentuk-bentuk khabar apabila
ia tersurat dalam kalimat. Namun, terkadang pula kita tidak menemukan khabarnya
secaara tersirat. Hal ini dikarenakan khabarnya di hapus. Sama seperti
sebelumnya, hal ini dipengaruhi oleh
beberapa kondisi, di antaranya:
Apabila mubtada’ didahului kata لولا
Contoh:
لولا الطبيب ما شفي المريض
Artinya: Seandaniya bukan karena dokter, maka pasien itu tidak akan
sembuh.
Adapun khabar tersiratnya adalah
لولا الطبيب موجود....
موجود adalah khabar yang
dihapus.
Apabila mubtada’ menunjukkan sumpah secara jelas.
لعمرك إن الحياة كفاح
Artinya: Demi umurmu, sungguh hidup ini adalah perjuangan.
Tersiratnya adalah:
لعمرك فسمى....
فسمى adala khabar yang
dihapus.
Apabila mubtada’ di athafkan dengan wawu yang menunjukkan
mushabahah (kebersamaan).
Contoh:
كل حندي و سلاله
Artinya: Seiap prajurit dan senjatanya
Tersiratnya adalah:
كل جندي وسلاله مقترنان
مقترنان adalah khabar yang
dihapus.
Add Comments