-->

Balaghah Tasybih dan rukun-rukunnya.

Advertisemen
https://bahasaarabkeagamaan.blogspot.com/2017/10/balaghah-tasybih-dan-rukun-rukunnya.html
Tasybih dan Rukun-Rukunnya

Tasybih. Tasybih berasal dari kata bahasa arab yaitu syabbaha-yusyabbihu-tasybiih, شَبَّهَ-يُشَبهُ-تَشْبِيه yang berarti menyerupakan, membandingkan, serta mentamsilkan. Adapun istilah tasybih menurut istilah ilmu Balaghah, ialah suatu uslub (gaya bahasa) perbandingan, yang menunjukkan kepada bergabungnya dua hal atau lebih kepada suatu sifat dengan menggunakan kata-kata penyerupaan atau bermakna penyerupaan.

Baca juga Wajah pas-pasan, dapat istri cantik. Ini tipsnya!
Untuk membuat uslub ini, setidaknya kata yang diserupakan dan yang diserupai memiliki kesamaan sifat yang menonjol. Misalnya, seorang pemberani diserupakan dengan singa. Atau seorang yang tawadu dengan bulir-bulir padi. Dan sejenisnya.
Contoh:
احمد كاالأسد فى الشجاع
Artinya:
Ahmad bagaikan singa dalam keberanian
Rukun-Rukun Tasybih.
1. Musyabbah (المشبه)
Musyabbah adalah adalah isim yang diserupai. Dalam contoh di atas yang termasuk musyabbah adalah Ahmad. Kata Ahmad inilah yang kemudian diserupakan dengan sesuatu. Kata Ahmad sendiri bisa diganti isim yang lain misalnya isim dhomir dan sebagainya.
2. Musyabbah bih (المشبه به)
Musyabbah bih dalam contoh di atas adalah Singa. Singa dapat diserupakan dengan Ahmad karena memiliki kesamaan sifat yang menonjol. Kata Asad atau singa ini bisa diganti dengan kata lain, baik nama orang atau isim lainnya.
3. Adatu at-tasybih(ادات التشبيه)
Adatu at-tasybih adalah adalah hurup penyerupaan. Dalam contoh di atas yang termasuk adatu at-tasybih adalah huruf kaf (ك). Huruf kaf ini bisa diganti dengan yang lain asalkan memiliki makna yang penyerupaan, seperti: مثل dan sejenisnya. Apabilah adatu at-tasybih ini mendahului musyabbah bih, maka musyabbah bih akan menjadi majrur.
4. Wajhu syibhi(وجه الشبه)
Wajhu syibhi adalah sifat yang terdapat atau dimiliki oleh kedua isim yang diserupakan. Dalam contoh di atas yang termasuk wajhu syibhi adalah فى الشجاع. Hal ini dikarenakan kata ini atau sifat ini dimiliki oleh Ahmad dan Singa.
Demikianlah pembahasan mengenai tasybih ini, semoga memberikan manfaat dalam menambah pengetauan bahasa arab kita. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Advertisemen