-->

Kalimat yang Sempurna (الجملة المفيدة)

Advertisemen
:الأمثلة
(Kebun itu Bagus) البستان جميل-
(Matahari itu Terbit) الشمس طالعة-
(Ali Mencium Bungan Mawar) شم علي وردة-
( Muhammad Memetik Bunga) قطف محمد زهرة-
(Ikan Hidup di Air) يعيش السمك فى الماء-
(Terdapat Banyak Pohon Kurma di Mesir) يكثر النخيل فى المصر-
Pembahasan:
Kalimat pertama dari beberapa contoh di atas terdiri dari dua kata, yaitu البستان (kebun) dan جميل (cantik). Jika kata-kata di atas berdiri sendiri, maka kita tidak akan mengerti maksudnya melebihi dari arti kata itu sendiri sehingga hal ini tidak memungkinkan untuk digunakan dalam percakapan. Contohnya saja jika kita hanya mengatakan  البستان atau جميل, maka kita tidak akan mengetahui makna dari perkataan itu melainkan sebatas arti saja. Akan tetapi jika kedua kata ini disatukan menjadi sesuatu yang padu menjadi البستان جميل (Kebun itu Bagus) maka kita akan mengetahui maknanya secara lengkap dan faedah bahwa sifat kebun itu bagus. Oleh karenu itu, susunan kalimat ini disebut kalimat yang sempurna (الجملة المفيدة). Setiap lata dari kalimat di atas disebut sebagai bagian dari kalimat. Hal ini juka berlaku pada contoh-contoh yang lainnya.
Dari penjelasan di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa satu kata saja tidak akan cukup digunakan dalam percakapan. Dibutuhkan menggabung beberapa kata dalam percakapan agar makna yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh lawan bicara.
Bagaimana dengan kata قم(Berdirilah!), اجلس (Duduklah!), dan تكلم (Bicaralah!)? Kata-kata ini tentu sudah bisa digunakan dalam percakapan. Apabila salah satu dari kata di atas di ucapkan, misalnya  قم maupun yang lainnya. Maka sebenarnya kata ini tersusun dari dua kata. Kata lain yang tersusun padanya adalah kata ganti orang kedua. Sehingga tanpa menyebut kata ganti orang keduanya maka orang akan mengerti.
القاعدة:
التركيب الذى يفيد فائدة تامة يسمى جملة مفيدةوويسمى ايضا كلاما-
الجملة المفيدة قد تتركب من كلمتين,وقد تتركب من اكثر,وكل كلمة فىها تعد جزءمنها-
  1. Susunan kata yang memberikan faedah secara sempurna dinamakan kalimat yang sempurna (الجملة المفيدة) dan juga dinama كلاما (percakapan).
  2. (الجملة المفيدة) Kalimat yang sempurna kadang kala terdiri dari dua kata atau bahkan lebih. Setiap kata dalam satu kalimat sempurna dihitung sebagai bagian dari (الجملة المفيدة) Kalimat yang sempurna tersebut.
Sumber bacaan:
An-Nahwu Al-Wadhi (Ali Ar-Jarim-Mustafa Amin)
Advertisemen