-->

انواع الكلمة (Pembagian Kata)

Advertisemen
الامثلة
ركب ابراهيم الحصان-
سمعت النصيحة-
تجرى السفينة على الماء-

Pembahasan:
Pada postingan sebelumnya, admin membahas mengenai jumlah mufidha yang pada intinya membahas bahwa sebuah kalimat tidak bisa dibentuk jika hanya satu kata. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang pembagian kata dalam bahasa arab.

Dari beberapa contoh di atas, kita menemukan beberapa kata seperti ابراهيم yang merupakan nama orang. Kita juga menemukan kata الحصان yang merupakan kata untuk menamakan hewan.  Selain itu ada pula kata النصيحة, السفينة ,dan الماء. Semua kata tersebut digunakan untuk memberikan nama segala sesuatu yang kita temukan, Oleh karena itu, kelompok kata ini dinamakan sebagai isim atau kata benda. Demikian pula untuk menamakan orang, hewan, maupun tumbuhan disebut pula dengan isim (اسم)

Selain kata-kata di atas, kita akan menemukan pula kata ركب, سمع, dan تجرى. Jika diterjemahkan maka arti kata tersebut secara berturut-turut adalah mendengarkan, mengendarai, dan berjalan. Semua kata tersebut menunjukkan terjadinya perbuatan pada waktu tertentu. Misalnya ركب yang berarti mengendarai dan berlangsung di masa lampau. Demikian pula dengan سمعت yang bermakna mendengar pada masa yang lampau pula. Berbeda dengan تجرى yang bermakna berjalan pada masa sekarang.  Dari penjelasan itulah, kelompok kata ini dinamakan sebagai fiil atau kata kerja (فعل)


Di kalimat terakhir terlihat kata على yang bermakna atas atau pada. Namun bila kata ini diucapkan terpisah, maka makna kata ini sukar untuk dipahami maksudnya. Oleh karena itu, kata ini harus diucapkan bersamaan dengan kata yang lain dalam kalimat agar maknanya jelas. Oleh sebab itu, kelompok kata ini disebut sebagai huruf (حرف), demikian pula dengan kata yang sejenis dengannya.
القاعدة 
الكلمة ثلاثة انواع ,اسم,فعل, و حرف-
فالأسم كل لفظ يسمى به انسان ,او حيوان, او نبات, جماد, اي شيء اخر-
والفعل كل لفظ يدل على حصول عمل فى زمان خاص-
والحرف كل لفظ لا يظهر معناه الا مع غيره-
Artinya:

  1. Kalimat itu terbagi menjadi 3, yaitu: kata benda, kata kerja, dan huruf.
  2. Kata benda adalah setiap kata untuk menamakan manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, bentuk, dab sesuatu yang lain.
  3. Kata kerja adalah setiap kata yang menunjukkan terjadinya perbuatan pada waktu tertentu.
  4. Huruf adalah kata yang tidak jelas maknya kecuali dirangkaikan dengan kata yang lain.
Advertisemen