-->

الفعل المضارع(Fiil Mudhari')

Advertisemen
الأمثلة
اغسل يدي
نلعب بالكرة
تأكل البنت
Artinya:
Saya sedang mencuci kedua tanganku
Kami sedang bermain bola
Anak perempuan itu sedang makan

Pembahasan:
Semua kata pertama pada contoh kalimat di atas adalah kata kerja yang sedang berlangsung atau dalam bahasa arab dikenal sebagai fiil mudhari, karena semua kata di atas menunjukkan suatu pekerjaan yang sedang berlangsung.
Jika diperhatikan kata pertama dari setiap contoh kalimat di atas sperti اغسل, نلعب, dan تأكل, semuanya menunjukkan kata kerja yang merujuk kepada waktu sekarang atau dengan kata lain menunjukkan perbuatan yang sedang berlangsung. Selain menunjukkan pekerjaan yang sedang berlangsung, fiil mudhari ini kadang pula menunjukkan pekerjaan yang akan berlangsung di masa mendatang.
Jika diperhatikan lebih lanjut di setiap kata kerja, maka akan terlihat bahwa kata-kata tersebut diawali oleh huruf hamzah (أ), nun (ن), ya (ي), atau ta' (ت). Keempat huruf inilah yang dinamakan sebagai huruf-huruf mudharaah (احرف المضاعة).
القاعدة
الفعل المضارع هو كل فعل يدل على حصول عمل فى الزمان الحضر والمستقبل ولا بد .ان يكون مبدوءا بحرف من احرف المضاعة و هي الهمزة والنون والياء والتاء
Artinya:
Fiil mudhari' adalah setiap fiil yang menunjukkan pada pekerjaan yag berlangsung pada waktu sekarang (sedang berlangsung) atau di waktu yang akan datang. Fiil mudhari harus didahului oleh salah satu huruf dari beberapa huruf mudharaah seperti hamzah, nun, ya', dan ta'. 
Advertisemen