-->

تقسيم الإسم (Pembagian Isim) dalam Bahasa Arab

Advertisemen
Salah satu bentk kata yang sring dijumpai dalam bahasa arab adalah kata benda atau dalam bahasa Arab disebut sebagai isim. Isim atau kata benda diartikan sebagai berikut:
لفظا دل على إنسان او حيوان او نبات او جماد او اي شيء اخر
Setiap lafadz (bunyi) yeng menujukkan nama manusia, hewan, benda mati atau sesuatu yang lain.
Sebagaimana kata benda dalam bahasa lain, kata benda atau isim dalam bahasa arab pun dibagi kedalam beberapa kelompok. Adapun pembagian isim dalam bahasa arab adalah sebagai berikut:
1. Isim dilihat dari sisi i’rabnya
2. Isim dilihat dari ta’yinnya
3. Isim ditinjau dari jenisnya
4. Isim ditinjau dari jumlahnya
5. Isim ditinjau dari nisbahnya
6. Isim ditinjau dari susunannya
7. Isim diinjau dari tashgirnya
Pengelompokan di atas masih dalam kategori umum. Setiap dari kelompok di atas akan diurai lagi kedalam beberapa bagian. Adapun penjabarannya adalah sebagai berikut.
1. Isim ditinjau dari i’rabnya.
Isim ditinjau dari i’rabnya maksudnya ialah keadaan harakatterakhirnya. Jadi yanh menjadi pembeda adalah keadaan harakat terakhir dalam kata bahasa arab. Jika ditinjau dari segi i’rabnya, maka pada isim dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
a.Isim mu’rab
Isim mu’rab adalah adalah isim yang berubah harakat terakhirnya tergantung posisinya dalam kalimat atau jumlah. Harakat terakhir dalam kata tersebut bisa berupa harakat dhammah, kasrah, maupun fathah. Begitu pula bisa berupa ya’ sebagai pengganti kasrah dan sebagainya.
Contoh:
رجال
Kata رجال di atas bisa saja harakat terakhirnya dhammah, fathah, maupun kasrah atau tanda lain. Perubahan ini bergantu perubahan posisi kata tersebut dalam kalimat atau jumlah.
b.Isim mabny
Isim mabny adalah kebalikan dari isim mu’rab. Jika isim mu’rab harakat terakhirnya berubah sesuai dengan posisinya dalam kalimat, maka isim mabny harakat terakhirnya akan tetap meski kedudukannya dalam kalimat berubah-ubah.
Contoh:
‎نحن
Kata نحن di atas akan tetap berharakat dhammah meski posisinya dalam kalimat berubah-ubah. Kata di atas merupakan salah satu contoh isim dhomir (kata ganti). Kata ganti ini adalah bagian kecil dari isim-isim yang mabny dalam bahasa arab.
2.Isim dilihat dari Ta’yinnya dibagi menjadi:
a.Isim Nakirah
Isim nakirah adalah isim yang menunjukkan sesuatu yang masih global atau masih dalam bentuk umum.
Contoh:
رجل-اسد-مدينة
Kata-kata di atas masih menunjukkan sesuatu yang umum dan tidak menujukkan kepada sesuatu tertentu.
b.Isim Ma’rifah
Setiap isim yang telah menunjukkan kepada sesuatu yang tertentu dengan sendirinya. Jenis-jenis isim ma`rifah misalnya isim dhomir, isim isyarah, kata yang ber alif lam (ال), dan lain sebagainya.
3.Isim ditinjau dari jenisnya dibedakan menjadi:
a.Isim Mudzakkar
Isim mudzakkar adalah kata benda yang menunjukkan kepada laki-laki baik ia manusia maupun sebagai hewan. Contoh: اب-اسد-رجل
b.Isim Muannats
‍Isim muannats adalah kata benda yang menunjukkan kepada perempuan baik ia manusia maupun sebagai hewan. Contoh: ام-اخت-بقرة

Advertisemen