-->

Belajar Bahasa Arab (I'rab) untuk Mempermudah Mempelajari Al-Qur'an

Advertisemen
Agama islam merupakan agama yang berkembang di jazirah Arab sehigngga teks-teks keagamaan secara otomatis akan berbahasa Arab. Meski tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan islam yang begitu pesat menjadikan teks-teks keagamaan tersebut diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Walaupun demikian, memahami bahasa Arab tentu memberikan nilai lebih dalam memahami teks-teks keagamaan seperti al-Qur'an dan Hadits nabi. Sehingga sangat perlu bagi siapa saja yang ingin memahami islam lebih dalam seharusnya mempelajari bahasa arab pula.

Salah satu cabang bahasa Arab yang penting dipahami adalah i'rab. I'rab sendiri menurut ahli nahwu adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari akhir (harakat) terakhir dari setiap kata bahasa arab jika dimasukkan kedalam kalimat. Dengan kata lain, mengi'rab ialah mengkaji harakat akhir dari setiap kata dalam kalimat bahasa arab yang dibengaruhi oleh beberapa faktor dan tandanya bisa saja jelas (kasrah, fathah, dhammah, maupun sukun) ataupun dikira-kira.
Untuk lebih memahami manfaat memahami i'rab, perhatikan contoh berikut:
1. جَاءَ زيدٌ
2 ضرب احمدُ زيداً
3مر محمد بزيدٍ
Artinya:
1. Telah datang Zaid.
2. Muhammad memukul Zaid
3. Muhammad melintas dihadapan Zaid
Dari ketiga contoh di atas, harakat terakhir kata Zaid berubah-ubah sesuai Zaid. Penyebab perubahan harakat serta tandanya tersebut dipelajari dalam kajian nahwu (i'rab).
Bagaimana manfaatnya dalam mempelajari al-qur'an?
Ketika mendengarkan seseorang membaca al-qur'an, terkadang mereka berhenti pada huruf terakhir sehingga harakat huruf terakhir tidak terlalu jelas. sehingga bagi orang yang mendengar akan susah menerkan bagaimana bacaan yang jelas. Hal ini tentu akan lebih parah jika ditambah dengan malas membuka al-qur'an.
Kasus ini tentu akan berbeda jika dialami oleh orang yang sedikit mengerti tentang i'rab. Bagi mereka, hal seperti ini tidak terlalu rumit karena telah dibekali oleh pengetahuan tentang i'rab tersebut. Demikian, mereka akan lebih mudah mempelajari al-qur'an serta memahami isi kandungannya.


Advertisemen