-->

Ta' Ta'nits dan Penggunaannya dengan Fiil.

Advertisemen
Ta' Ta'nits. Fa’il merupakan salah satu unsur pembentuk jumlah fi’liyah. Dalam penggunaan fa’il, sering ditemukan penambahan huruf ت (ta’) dalam fiil. Ta’ ini dinamakan sebagai ta’ ta’nits. Ta’ Ta’nits ini sudah disinggung pada ketentuan fa’il. Pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana penggunaan ta’ ta’nits dalam fiil.
Terdapat beberapa keadaan yang mengharuskan penggunaan ta’ ta’nits dalam fiil. Keadaan yang dimaksud adalah sebagai berikut:
Fa’il berupa isim zhahir muannats haqiqi. Apabila fa’il berupa isim muannats haqiqi baik mufrad, mutsanna, maupun jamak dan tidak terpisah dari fiil maka wajib ditambahkan ta’ ta’nits. Isim muannats haqiqi adalah isim yang menunjukkan manusia atau hewan yang melahirkan dan bertelur.
Contoh:
سافرت فاطمة artinya Fatimah bersafar/bepergian.
تتير اليمامة artinya burung merpati itu sedang terbang.
Pada kedua contoh di atas, huruf ta’  yang terletak di awal dan akhir fiil dinamakan ta’ ta’nits. Sedangkan fa’ilnya merupakan isim zhahir muannats.
Fa’il berupa dhamir mustatir. Apabila terdapat fa’il berupa dhamir mustatir yang kembali kepada isim muannats haqiqi atau majazi maka wajib ditambahkan ta’ ta’nits. Isim muannats majazi adalah isim muannats selain isim muannats haqiqi, namun orang arab memperlakukannya sebagai muannats. Misalnya شمس.
Contoh:
زينب حضرت artinya Zainab telah hadir.
Fa’ilnya berupa dhamir mustatir yang kembali kepada muannats haqiqi (زينب).
الشمس طلعت artinya matahari itu telah terbit.
Fa’ilnya berupa dhamir mustatir yang kembali kepada muannats haqiqi (الشمس).
 Selain keadaan di atas, terdapat beberapa kondisi lain yang membolehkan penambahan ta’ ta’nits dalam fi’il. Kondisi yang dimaksud adalah sebagai berikut:
Apabila fa’il berupa muannats haqiqi. Pada keadaan ini, fa’il terpisah dari fiilnya. Sehingga boleh menambahkan ta’ ta’nits.
Contoh:
سافرت امس فاتمة artinya Fatimah  kemarin telah bepergian.
Pada contoh di atas dapat diketahui bahwa fa’il tidak selamanya terletak setelah fiil. Akan tetapi terdapat beberapa keadaan yang memungkinkan terdapat pemisah antara  fa’il dan fi’il.
Apabila fa’il berupa isim muannats majazi.
Contoh:
تطلع الشمس artinya matahari telah terbit.
Boleh juga menggunakan يطلع الشمس.
الشمس adalah isim muannats majazi sehingga fiilnya menggunakan ta’ ta’nits.
Apabila fa’il berupa jamak taksir.
Contoh:
حضرت القضاة artinya para hakim telah hadir.
القضاة adalah jamak taksir sehingga fiilnya menggunakan ta’ ta’nits.


Advertisemen